Kamis, 22 Desember 2011

Antara Mapala Fakultas Dan Mapala Universitas


Di negeri kita Indonesia ini, mungkin hampir di seluruh perguruan tingginya memiliki sebuah organisasi yang berorientasi kepada alam dan sekitarnya. Organisasi yang disebut Mapala ini biasa berdiri di setiap universitas dan sekolah tinggi di Indonesia, baik itu swasta maupun negeri. Di setiap universitas pasti mempunyai beberapa fakultas, jadi tidak salah pula kalau menyebutkan bahwa di setiap fakultas di Indonesia mempunyai organisasi yang di kenal mempunyai tahapan berat untuk menjadi anggotanya ini.

Organisasi yang dipopulerkan oleh Universitas Indonesia pada pertengahan tahun 60an ini memang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengikat mahasiswa-mahasiswa yang paling tidak mempunyai hobi camping atau sekedar menikmati alam.

Mereka para mahasiswa juga bebas memilih antara menjadi anggota mapala intern fakultas saja atau menjadi anggota mapala universitas ditempatnya berkuliah. Nah Disinilah letak perbedaannya antara mapala fakultas dan universitas. Organisasi Mapala fakultas hanya bisa menerima calon anggota mahasiswa yang berkuliah di fakultas dimana organisasi itu berdiri saja, sedangkan mapala universitas bisa menerima calon anggota mahasiswa di seluruh fakultas-fakultas di universitas mereka itu berdiri. Namun dimata umum mahasiswa sipil tetap saja kedua unsur diatas sama sekali tidak ada perbedaan. Mereka mahasiswa sipil lagi menilai kalau semua anak mapala itu…… ( isi saja titik-titiknya di komen ).

Di dunia permapalaan di Banjarmasin sendiri, konflik kedua kubu diatas sangat di pelihara oleh para anggotanya pada masa sekarang, entah bagaimana itu bisa terjadi. padahal pada kenyataannya jelas sekali disebutkan bahwa seluruh pencinta alam di Indonesia ini mempunyai kode etik yang sama, salam Lestarimunafik yang sama, dan hari-hari besar yang sama. Perbedaan yang menjadi rahasia umumnya sendiri bisa dilihat dari penyelenggaraan TWKM ( Temu Wicara Kenal Medan ) yang beberapa bulan yang lalu diselenggarakan di bumi Lambung Mangkurat ini. Betapa tidak, dijelaskan bahwa yang berhak mengikuti TWKM adalah seluruh Mahasiswa pencinta alam Indonesia, tetapi faktanya yang kemarin terjadi berbeda, peserta yang boleh mengikuti TWKM hanya anggota mapala yang bernaung dibawah organisasi mapala universitas. Sedangkan untuk peserta dengan embel-embel mapala fakultas dibolehkan mengikuti tetapi harus bersedia menghilangkan embel-embel tersebut.

Hei.. Mapala fakultas kan juga mapala Indonesia. Memang pada saat Temu Wicara dilangsungkan konflik ini pernah dibahas juga, namun hasil keputusan menetapkan bahwa yang berhak mengikuti TWKM hanya anggota mapala berembelkan mapala universitas saja, bahkan katanya orang pertama yang tidak menyetujui mapala fakultas untuk mengikuti TWKM adalah seorang anggota mapala yang berembelkan mapala universitas negeri di Banjarmasin.

Oke lupakanlah TWKM, disini bukan bertujuan untuk mengemis supaya bisa mengikuti event tahunan tersebut. Tetapi bukan hanya itu saja konflik kedua kubu terjadi, di salah satu universitas swasta di Banjarmasin pernah ada hampir adu pukul antara mapala universitas dan fakultasnya karena hanya saling berebutan calon anggota.

Mungkin untuk lebih jelasnya tidak perlu penulis ceritakan disini.
Penulis nilai semua itu terjadi mungkin hanya karena kesalahpahaman masa lalu saja, tetapi tidak sempat diselesaikan hingga sampai sekarang, sehingga menjadi segelintir konflik-konflik yang hanya bisa ditulis sedikit seperti yang diatas. Tetapi mudah-mudahan semua mapala Indonesia bisa bersatu bersama-sama meneriakkan Salam Lestari yang munafik ciri khas mereka. Mungkin hanya itu yang dapat ditulis, tulisan selanjutnya menyusul dan silahkan tinggalkan komen anda. Terima Kasih.
Salam Rimba… HIDUP IMPAS-B!!!

7 komentar:

  1. LU PERNAH JADI ANGGOTA MAPALA YA??? TAPI LU DIPECAT DARI KEANGGOTAAN DAN LU KECEWA YA??? MAKANYA JADI ORANG JANGAN BANCI!!! IDENTITAS LENGKAP LU MANA!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. selow bro....
      adminnya itu perhatian banget sama kita...
      coba, itu sampe detail lho di perhatiin...

      Hapus
  2. thnks banget bro, ini koreksi buat temen2 mapala untuk bisa lebih mengaplikasikan nama PECINTA ALAM dan tujuan organisasi PA di AD/ART masing2, aku sendiri berharap mapala2 bisa meniru jejaknya MAPALA UI, LAWALATA IPB dan semacamnya

    tapi akan lebih gentle lagi kalo anda melampirkan profil anda yang sebenarnya, jadi ga dianggap pengecut. dan artikel ini ga dianggap mengada-ada

    buat teman2 MAPALA, ini adalah perwakilan dari sebagian masyarakat yang memandang negatif MAPALA. kalo marah ato sebel dengan artikel ini aku maklum, tapi lampiaskan rasa itu dengan proker2 yang sesuai dengan arti MAPALA

    SALAM LESTARI

    BalasHapus
  3. Ketahuan kalau pemilik blok ini kecewa krn tdk diakui di forum TWKM. Sabar kawan, berbaktilah kepada bumi ini tanpa berharap pengakuan dari lemabaga manapun...!!

    BalasHapus
  4. waduuuh ni orang kecewa banget krna tdk diakui...
    kasian..!!!

    BalasHapus
  5. dasarrrr anjing..... kalau kamu dipecat di MAPALA mending kelaut aja lho jadi compah.... n makanya jdi orang itu harus punya komitmen brorganisasi biar nga dipecat di MAPALA....OKEYYYYY

    BalasHapus